Selasa, 20 Desember 2011 - 20:21:01 WIB

ICW: Vonis Bebas Hanya di Peradilan Umum, Tipikor Tidak!
Kategori: Hukum - Dibaca: 206 kali

Padang, KlikSumbar

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Ronal Faris mengatakan, semenjak pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dibentuk di 33 provinsi di Indonesia, setidaknya sudah 45 orang terdakwa kasus korupsi yang divonis bebas, diantaranya 25 orang di Pengadilan Tipikor Surabaya, 15 orang di Samarinda, 4 orang di Bandung, dan 1 orang di Semarang.

"Alhamdullilah, untuk Pengadilan Tipikor Kota Padang belum ada kasus yang berujung pada putusan bebas. Sepanjang tahun 2011 ada tiga kasus vonis bebas di Peradilan Umum di Sumbar, yaitu kasus pengadaan alat berat di Padang Panjang, pembangunan kampus ISTI Padang Panjang pasca gempa bumi dan kasus korupsi PDAM dengan terdakwa Azhar Latif," ungkap Ronal ketika mengelar jumpa pers dengan LBH Padang dan LSM PUSaKO, Selasa (20/12).

Menurut Ronal Faris, ICW bersama sejumlah elemen mencoba melakukan kajian, salah satunya eksaminasi publik, yakni melihat titik lemah dan kejanggalan yang terdapat pada vonis bebas kasus korupsi. "Vonis bebas hanya di pengadilan umum, tidak di pengadilan Tipikor," sebut Ronal Faris.

"Jujur saja hari ini, KPK masih lemah," kata Ronal. Sebab KPK tidak fokus dalam menangani kasus korupsi di Indonesia. Mestinya penegak hukum dibersihkan terlebih dahulu seperti di Hongkong. Ini bisa ditiru di Indonesia.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

. ( apr/ )

Share |


Akte Kelahiran Gratis di Padang Tinggal 10 Hari Lagi(340)
MS Kaban Bantah Terlibat dalam Kasus Mesuji(136)
Lemari SPBU Khatib Sulaiman Dikupak Maling(220)
PBB: Penegakan Hukum Butuh Pemimpin yang Kuat(172)
Taslim: 2011 Tahun Kelabu Bagi Polri di Sumbar(151)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas