Mentawai pasca gempa bumi dan tsunami 2010

Kesiapan PRB Hadapi Ancaman Gempa Besar Mentawai

Padang, KlikSumbar

Berdasarkan hasil analisis para pakar dan peneliti gempa dan tsunami serta laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwa megathrust Mentawai memiliki tingkat seismisitas sangat tinggi, diperkirakan menjadi sumber gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 8 skala ricther (SR). Karena ancaman itu, rencana pengurangan resiko bencana menjadi sangat penting.

"Megathrust Mentawai merupakan salah satu dari empat kawasan utama yang memiliki risiko dan probabilitas tsunami tinggi. Pasalnya, Megathrust Mentawai bagian dari zona penunjaman Sumatera, yang merupakan pertemuan antara lempeng Indo-Autraslia dan lempeng Eurasia," ujar Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Fathul Hadi, usai membuka secara resmi Final Planning Conference (FPC) OF Internasional Table Top Exercise (TTX) Mentawai Megathrust Direx 2013-2014, di Hotel Panggeran Beach Padang, Kamis (14/3).

Kata Fathul, dalam menyikapi ancaman bencana tersebut, sekaligus atas perhatian dari Presiden SBY, maka dilakukan penyusunan master plan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tsunami dengan melibatkan beberapa kementrian dan lembaga, serta Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia, termasuk Unand dan Bung Hatta.

"Penyusunan master plan PRB tsunami itu bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat yang tinggal di kawan rawan bencana tsunami. Hal ini, merupakan upaya dan bentuk keseriusan dan berkelanjutan dalam menyikapi sistem penanggulangan bencana, khususnya dalam mengantisipasi bencana tsunami," ujarnya.

Menurut Fathul Hadi, terdapat empat program utama, diantaranya penguatan rantai peringatan dini tsunami, pembangunan dan peningkatan tempat evakuasi sementara, penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana, serta pembangunan kemandirian kebencanaan. Ini adalah langkah-langkah nyata yang dapat menggurangi dampak dan risiko dari ancaman yang ditimbulkan pada saat terjadinya gempa dan tsunami.

.(Apr)