Selasa, 26 Maret 2013 - 09:50:09 WIB

Pemilukada Padang Dipastikan Tanggal 30 Oktober 2013
Kategori: Politik - Dibaca: 1190 kali

650X130

Padang, KlikSumbar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, akhirnya dapat memastikan bahwa pelaksanaan pemunggutan suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang, akan diselengarakan pada 30 Oktober 2013 mendatang. Namun, keputusan final dari rancangan tahapan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Padang periode 2013-2018 tersebut, akan ditetapkan dalam rapat pleno KPU, pada Kamis (28/3). 

"Kebetulan saat ini kita akan mengelar rapat Pokja, dengan agenda membahas rancangan tahapan Pilkada Padang. Pada rapat Pokja ini, kita masih fokus membahas rancangan pelaksanaan Pilkada pada 30 Oktober mendatang," ungkap Divisi Perencanaan dan Teknis Pemilu, M. Sjahbana Syam, saat dihubungi melalui via selulernya, Senin (25/3).

Sebelumnya, KPU Padang memiliki dua opsi dalam menetapkan pelaksanaan tahapan Pilkada. Opsi pertama, Pilkada akan diselenggarakan pada 23 Oktober nanti. Sedangkan opsi kedua, Pilkada akan dilaksanakan pada 30 Oktober mendatang.

Namun, pada rapat Pokja, yang digelar Senin (25/3) kemaren, komisioner KPU hanya melakukan pembahasan terhadap satu opsi, yakni terkait pelaksanaan Pilkada Padang, pada 30 Oktober mendatang. "Untuk final dari rancangan tahapan pelaksanaan Pilkada Padang tersebut, akan ditetapkan dan diputuskan pada rapat pleno. Mungkin pleno penetapan itu, akan kita dilaksanakan pada Kamis (28/3) esok," ujar Sjahbana Syam.

Selanjutnya, Sjahbana Syam yang biasa dipanggil Boim tersebut, menyebutkan bahwa salah satu penyebab utama terjadinya pengunduran jadwal pelaksanaan tahapan dari Pilkada Padang itu, disebabkan karena terkait dengan persoalan anggaran yang masih belum dapat direalisasikan dan dipergunakan KPU Padang, dalam memulai proses tahapan Pilkada.

"Sampai hari ini, realisasi anggaran belum ada kita terima. Persoalan pokok yang menjadi kendala tersebut, yakni belum adanya penandatanganan MoU Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Walikota dengan Ketua KPU Padang. Walau persetujuan Walikota itu, tidak terlalu menjadi subtansi persoalan," cetus Boim.

. ( Apr/ )

Share |


Ulama Besar Amerika Shamsi Ali Berkunjung ke Padang(646)
PKPI Lolos Jadi Peserta Pemilu 2014, Nomor Urut 15(1213)
Konsultan Senior Zirma Jadi Caleg DPR RI dari PPB(925)
Pentingnya Teknologi Informasi, Biro Humas Gelar Bintek(790)
Kapolda Sumbar Digantikan Brigjen Pol Noer Ali(2260)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas