1

Pasangan Michel-Jadi Diharapkan Jadi Jokowi-nya Padang

By Gusfen Khairul 11 Sep 2013, 18:16:31 WIBPolitik

Pasangan Michel-Jadi Diharapkan Jadi Jokowi-nya PadangTeks Fhoto :

Padang, KlikSumbar

30 Oktober mendatang, warga Kota Padang memilih walikota dan wakil walikota untuk masa kepemimpinan 2014-2019. Sepuluh pasang calon (tiga pasangan dari parpol dan gabungan parpol, tujuh pasang calon dari perseorangan) akan berebut suara 700 ribu pemilih.

Banyak pihak menilai, pasangan calon yang muncul belum ada yang memenuhi harapan kebanyakan publik Padang. Calon-calon lebih berorientasi kekuasaan ketimbang memberikan kepuasan kepada rakyat.

Menurut tokoh Padang sekaligus, Ketua DPW PAN Sumbar Asli Chaidir, kepemimpinan yang sesuai dengan kehendak rakyat membutuhkan proses. "Pemimpin yang merakyatlah yang dibutuhkan," ujar Asli, Rabu (11/9) di Padang.

Banyak contoh kepemimpinan yang bisa ditiru oleh pasangan calon. Sukses Jokowi di Solo dan berlanjut di DKI Jakarta, juga Walikota Surabaya Tri Rismaharini patut menjadi referensi calon pemimpin, khususnya calon yang maju di Pilkada Padang. "Mau menjadi pemimpin tapi dicari rakyat saja sulit, datangilah rakyat, bahas persoalan dengan duduk bersama, saya yakin problem kota sebesar apa pun pasti bisa diselesaikan," ujar Asli yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbar ini.

Asli sendiri yakin pasangan calon yang dijagokan PAN dan Partai Demokrat, M. Ichlas El Qudsi-Januardi Sumka bisa memenuhi kriteria tersebut. "Asal mau belajar dari pola kepemimpinan Jokowi dan Tri Rismaharini itu," kata Asli Chaidir, yang juga Calon DPR RI nomor urut 2 untuk Dapil Sumbar 1.

Warga Kota Padang rindu kepemimpinan yang merakyat, blusukan tidak sekedar lips service pencitraan. Tapi betul-betul tulus untuk melayani rakyat. Karena sesungguhnya apa yang dilakukan Jokowi di Jakarta sekarang ada dalam filosofi pemimpin di Ranah Minang ini, seperti duduk sama rendah tegak sama tinggi, di dahulukan selangkah ditinggikan seranting dan saat mengambil keputusan tabujua lalu tabulintang patah (terbujur lalu, terbelintang patah, Red).

[aat]
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment