Senin, 16 Mei 2011 - 23:24:23 WIB

Duta Samudera I/2011, Operasi Pembebasan 'Sinar Kudus'
Kategori: Serba - Serbi - Dibaca: 1322 kali

650X130 Walikota Padang, Fauzi Bahar, menyerahkan lambang Kota Padang Kepada Satgas Duta Samudera I/2011

Padang, KlikSumbar

Duta Samudera I/2011 menjalankan  tugas  dua bulan jadi duta samudera saat ini hadir kembali ke tanah air yakni di Kota Padang ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Staf Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurlabar), Kolonel Laut (p) Ing Ariawan mengaku sambutan Padang membangkitkan heroik prajurit.

"Satgas ini dibentuk super kilat dengan tugas berat membebaskan sandera yang dibajak Perompak Somalia,"ujarnya, Senin 16/5 di Padang.

Operasi pembebasan sandera sesuai dengan instruksi presiden, bebaskan sandera tanpa jatuh korban dari sandera sendiri, yakni ABK Sinar Kudus.

"Tanpa info intelijen, kita harus selamatkan Warga Negawa Indonesia yang bekerja di KM. Sinar Kudus,"ujar Ariawan.

"Dalam waktu kurang dua bulan Satgas gabungan termasuk dari Kopasus, harus mampu mengelola data dan Informasi," kata Ariawan.

"Saat itu Komandan Denjaka Suhartono sudah tidak sabar untuk menyerbu pembajak. Tapi karena pesan Pak Presiden tadi kita minta beliau sabar,"ujar Ariawan lagi.

1 Mei, hari penyerbuan diakukan, dengan antisipasi uang tebusan diserahkan kapal dilepas bisa saja kapal dibajak kelompok perompak lainnya.

"Tolong pak, ada perahu kecil kejar kami, itu kata Nakhoda KM Sinar Kudus, tapi dengan cepat Satgas mampu menghadang dan membabat empat pembajak, mayat pembajak tidak ditemukan karena gelombang tinggi, barang bukti  yang kita dapat kapal kecil perompak,"ujarnya.

Aryo menyebutkan Armada RI Kawasan Barat ternyata memiliki wilayah  tugasnya lebih luas dari Armada RI Kawasan Timur yakni dari Semarang, Indonesia Bagian Barat hingga ke perairan Somalia, lebih luas dari Armatim,"ujar Ariawan yang  berharap tidak ada lagi Satgas Duta Samudera II.

Jamuan makan malam Satgas Duta Samudera I tahun 2011 juga dihadiri Komandan Pangkalan Utama TNI Angkalan Laut (DANLANTAMAL II) Padang, Laksamana Pertama Aswad, Komanadan  KRI Yos Sudarso,  dan Komandan Unit 81 Kopasus serta Komandan Unit Detasemen Jala Mengkara (Denjaka).

Kerinduan akan budaya bumi pertiwi terlihat dari  sorak sorai Satgas saat menyaksikan tari pasambahan, sebagai bentuk  baputih hatinya ranah minang  menyambut para pahlawan yang pulang dari medan perang.

Wali Kota Padang, Fauzi Bahar ,  juga menyerahkan lambang kota ke Kesatuan TNI yang tergabung pada Satgas Duta Samudera I tahun 2011 dengan tugas membebaskan sandera KM Sinar Kudus yang ditahan oleh perompak Somalia.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

. ( ADT/ )

Share |


Walikota Padang Jamu Satgas Duta Samudera 2011(607)
Parkir Oh Parkir...(400)
Belum Terpecahkan, 'Corp Circle' di Agam(265)
Ayo Budayakan Mengkonsumsi Makanan Sehat Alami(1480)
Bengkoang Berkhasiat Hambat Proses Penuaan(802)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas