klik Politik

DPT Tanah Datar Ditetapkan, Pemilih Naik

Klik- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Datar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Serentak Lanjutan 2020. Sebanyak 262.891 Pemilih ditetapkan KPU dan tersebar di 879 TPS, 75 nagari, dan 14 kecamatan.

Sememtara jika dibandingkan angka Daftar Pemilih Sementara (DPS), jumlah pemilih di Tanah Datar naik sebesar 6034 pemilih dari 256.857 Pemilih sementara yang ditetapkan. Pada DPS, pemilih terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 126.002 orang dan perempuan sebanyak 130.855 orang

“Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) kita tetapkan dengan jumlah pemilih sebanyak 262.891 orang terdiri dari pemilih laki-laki 129.397 orang dan perempuan sebanyak 133.494 orang,” ucap Ketua KPU Kabupaten Tanah Datar Fahrul Rozi saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT di Hotel Emersia Batusangkar, Kamis (15/10).

Dalam rapat pleno tersebut Fahrul menyebut pihaknya terus berupaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas dengan menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas.

“Kita tidak ingin masyarakat yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih,” tutur Rozi didampingi Komisioner lainnya Fitri Yanti, Erlonadi, Henni Sari, dan Tomas Hendriko.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemegang kebijakan untuk ikut menyukseskan Pillkada Serentak Lanjutan 2020 ini.

“Kita berharap tim pemenangan pasangan calon, Bawaslu dan instansi lainnya dapat ikut mensosialisasikan kepada masyarakat jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar dalam DPT untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik di hari pemungutan suara,” harap Fahrul.

Ia juga menegaskan di tengah wabah COVID-19 ini kepada seluruh jajaran KPU untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan prilaku hidup sehat.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Tanah Datar Yuli Fatdry menyampaikan apresiasi kepada jajaran KPU Tanah Datar yang telah bekerja keras menyiapkan data pemilih dengan baik dan tidak banyak permasalahan.

“Tanah Datar termasuk salah satu daerah yang cukup baik pendataan pemilihnya dan tidak banyak perbaikan dan ini mendapat apresiasi dari Bawaslu RI,” tuturnya.(*)

Admin :
Ray