klik Nasional

Mendes akan Kunjungi Pessel Ada Apa ya

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Pesisir Selatan pada Agustus 2020 ini. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Pesisir Selatan, Wendi.

Wendi memaparkan, kunjungan Menteri Desa dan PDTT itu adalah dalam rangka monitoring penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat Pandemi Covid 19, penggunaan dana desa dan lainnya.

“Kita juga berharap kunjungan Menteri Desa dan PDTT itu dapat memberi angin segar bagi Pesisir Selatan kedepan. Dimana, kita berharap adanya program-program pembangunan dari Kementerian Desa yang bisa dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan,” ucapnya dilansir dari MC Pessel, Senin (13/7).

Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan penyaluran BLT Dana Desa di 182 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan berjalan sebagaimana mestinya, dan dilakukan pengawasan.

Bahkan, pemkab juga membuka pos pengaduan penyaluran dana Bansos, termasuk dana BLT DD, dan bila ada laporan atau temuan yang menyimpang dari aturan ditindaklajuti secara cepat dan tepat.

“Ya, penyaluran BLT DD bertujuan meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19. Penyaluran BLT DD itu tetap diawasi dan dilakukan evaluasi,” jelasnya.

Selanjutnya, alokasi dana desa diprioritaskan, terutama bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan sektor ekonomi. “Dana Desa penting untuk 2 hal, yaitu SDM dan ekonomi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara Kementerian Desa dan PDTT berharap dana desa bisa menjangkau pembangunan yang melahirkan konektivitas antar desa sehingga manfaatnya lebih ril. Pada tahun 2021, penggunaan dana desa benar-benar sesuai kebutuhan, bukan keinginan. (*)

Admin :
Ray