klik Ragam

Nasrul Abit Hadir di Perayaan HUT RI ke - 75 Komplek Perumdam Tunggul Hitam

KLIK- Padang---Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan tendangan bola pertanda perayaan HUT Kota Padang ke-351 dan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke -75 dimulai di komplek Perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang. Sabtu (8/8)

Walau pada saat pademi, tetapi warga antusias melaksanakan berbagai macam perlombaan seperti futsal, volly, tarik tambang, dan berbagai kegiatan lainnya selama bulan Agustus 2020.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menjelaskan Sumbar belum bebas akan bahaya dari Covid-19. Oleh karena itu, Nasrul Abit meminta masyarakat selalu menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah.

"New normal yang kita jalankan pada saat ini tidak menyatakan bahwa Covid-19 telah habis di Sumbar. Malahan Covid-19 terus memakan korban setiap hari. Oleh karena itu saya meminta kepada warga untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker, dan selalu menjaga jarak," jelasnya.

Selanjutnya wakil gubernur menjelaskan juga begitu banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat Covid-19 di Sumbar. Alhasil, berbagai sektor, baik pemerintahan,  ekonomi dan dan industri pariwisata tak dapat bergerak.

"Pademi Covid-19 yang terjadi berdasarkan catatan Bank Indonesia pemulihan ekonomi di Sumbar minus 4,92 persen, tetapi ketersediaan pangan di Sumatera Barat tercukupi," ucapnya.

Selain itu, Nasrul Abit menjabarkan dunia pendidikan sangat terpukul sekali karena Covid-19 ini.

"Sejak Februari 2020 hingga sekarang, saya dan gubernur Sumbar turun langsung dalam penanganan Covid-19. Pendidikan digital tak dirasakan oleh seluruh pelajar dan mahasiswa di Sumbar. Apalagi masih ada 120 nagari masih berada dalam keterbatasan akses. Seperti Mentawai dan Sungai Lolo, Kecamatan Tapanuli Selatan, Kabupaten Pasaman. Akses guru dalam pendidikan digital sulit, apalagi pelajar. Masih untung masyarakat perkotaan tidak mengalami akses dalam hal pendidikan digital," jabarnya.

Dalam memperingari HUT Kota Padang dan kemerdakan Indonesia, Nasrul Abit meminta pemuda harus tampil kreatif, inovatif dalam melihat peluang yang ada.

"Pemuda sangat melek akan digital, harus kreatif mencari celah dalam memasarkan produk-produk UMKM melalui digital," ucapnya.

Selain itu, Nasrul Abit berpesan agar masyarakat harus menghormati para pemimpin, melakukan komunikasi dengan santun, perlihatkan masyarakat Kota Padang itu bermartabat, berbudaya dan beragama.

"Jangan lakukan cacian kepada pemimpin. Sangat tidak elok, apalagi Kota Padang ibu kota provinsi. Marilah menerapkan pendidikan karakter. Berikan contoh kepada daerah lain, bahwa Kota Padang itu menghormati pemimpin, santun dan beragama. Mari kita pakai bahasa-bahasa santun. Kota Padang itu selain UMKM, pendapatan asli daerahnya bisa direbut di sektor pariwisata," paparnya.

Ketua pemuda komplek perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang yang tergabung dalam Pemuda Pemudi Sahabat Masjid Nurul Ihsan (IPPERDAMNI) Ulmardi sangat bangga kegiatan dalam menyambut HUT Kota Padang dan perayaan kemerdekan Indonesia di resmikan dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar.

"Kami sangat bangga, bapak wakil gubernur Nasrul Abit meresmikan kegiatan kami. Kami berharap kepada wakil gubernur untuk dapat membantu dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda dilingkungan Mesjid Nurul Ihsan Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang," ucapnya penuh harap.

Tokoh masyarakat di komplek Perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang Ir.Nasrizal sangat terharu akan kedatangan Nasrul Abit di lingkungannya. Ia tak bisa menyembunyikan rasa duka citanya, ketika Wakil Gubernur  Sumbar Nasrul Abit hadir di lingkungannya.

"Saya tidak bisa menyembunyikan rasa suka cita saya ini. Sungguh, baru kali ini seorang wakil gubernur meluangkan waktu, hadir ditengah-tengah masyarakat komplek Perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang," ucapnya.

Selanjutnya, Nasrizal berharap wakil gubernur Sumbar dapat memberikan bantuan dalam pengembangan fisik Mesjid Nurul Ihsan dan pembangunan mental pemuda pemudi di Mesjid Nurul Ihsan.

"Pembangunan Mesjid Nurul Ihsan 90 persen dari dana infak jama'ah mesjid, dan 10 persen dari bantuan luar. Oleh karena itu, kami meminta kepada Wakil Gubernur Sumbar Irwan Prayitno turut membantu pengembangan mesjid ini. Selain itu, kami juga meminta bantuan untuk pembangunan mental spritual remaja mesjid. Walau bagaimanapun, mesjid turut berperan menanamkan pendidikan karakter kepada generasi muda," tukasnya.(*)

Admin :
Ray