klik Ragam

Wakil Walikota Payakumbuh Positif Covid-19

Klik- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Universitas Andalas, yang diserahkan hari ini (19/8).

Selain Wakil Wali Kota, ada dua orang lagi yang terinfeksi virus corona di Payakumbuh, guru SMA berinisial K (59) dan satu orang penjual makanan di kantin RSUD Payakumbuh berinisial ES (63).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal menyebutkan, saat ini Wawako menjalani isolasi mandiri di rumah dinas dan langsung dilakukan perawatan oleh tim medis. Sebelumnya, pernah dikabarkan Wawako menjalani isolasi mandiri di rumah dinas sehingga tidak bisa menjadi inspektur upacara penurunan bendera merah putih pada 17 Agustus lalu.

Sementara itu, seluruh ASN di Kantor Wali Kota Payakumbuh, Eks Lapangan Poliko dan Bukit Sibaluik Langsung menjalani tes swab hari ini.

“Kami langsung melakukan tracing dan swab massal kepada seluruh ASN di dua kantor pusat pemerintahan Payakumbuh,” kata Bakhrizal.

Selain para ASN di dua pusat pemerintahan tersebut, juga akan dilakukan tes swab kepada beberapa sekolah 

“Ada guru yang merupakan teman pak Wawako juga positif covid. Kemudian keluarga Pak Wawako juga,” katanya.

Hari ini, kemungkinan akan dilakukan penutupan untuk dua kantor pusat pemerintahan tersebut bagi masyarakat, termasuk rumah dinas Wakil Wali Kota.

“Rumah dinas Pak Wawako sudah dikosongkan. Hanya tim medis yang boleh masuk. Keluarga sudah dievakuasi juga. Penutupan mungkin juga akan dilakukan di beberapa sekolah dan dua kantor pusat pemerintahan Kota Payakumbuh,” sebutnya.

Tetap semangat dan optimistis

Menjalani isolasi mandiri, Wawako Payakumbuh tetap semangat dan optimistis untuk sembuh dari covid-19. Saat ini kondisinya tanpa gejala hanya batuk ringan saja.  Tidak hanya itu, ia juga meminta masyarakat yang pernah kontak erat dengannya dalam beberapa hari terakhir untuk segera melakukan tes swab.

“Insya Allah bisa sembuh,” katanya dengan bersemangat.

Wawako ketahuan positif covid-19 setelah melakukan tes swab di RS dr Adnaan WD Payakumbuh, Sabtu (15/8) lalu. Diceritakannya, tes swab itu dilakukan setelah mendapat kabar tamunya yang datang dari Padang beberapa hari sebelumnya terkonfirmasi positif.

“Sesuai protokol kesehatan, tentu saya melakukan tes swab. Itu dilakukan setelah tamu tersebut dinyatakan positif covid-19,” ujar penggagas city branding Payakumbuh Kota Rendang ini.

Dalam beberapa hari sebelumnya, Wawako mengaku bertemu masyarakat dan tokoh. Bahkan, sempat pergi baralek dan bertemu pimpinan serta anggota DPRD saat mendengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus lalu. (*)

Admin :
Ray