klik Peristiwa

Wisata Alam Moosa Edufarm Resmi Dibuka

KLIK- Moosa Farm, tempat pembibitan sapi wagyu resmi membuka “Moosa Edufarm”. Masyarakat dapat mengunjungi fasilitas edukasi pertama di Kabupaten Solok. Lokasinya sejuk dengan view yang indah berada Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang.

“Edufarm adalah wisata alam atau biasa disebut dengan wisata pendidikan. Edufarm sangat penting bagi pendidikan anak Indonesia , terlebih untuk anak-anak PAUD, TK, dan SD. Mengapa edufarm sangat penting? Anak-anak zaman sekarang cenderung suka pada gadget, yang membuat mereka manja dan malas. Sebaiknya anak-anak lebih diajak untuk mencintai alam, mengenal makhluk hidup ciptaan Tuhan. Ini terjadi akibat kurangnya perhatian orangtua. Sekolah juga notabene lebih banyak belajar di dalam kelas saja,” ungkap dr Ivan Sini SpOG, owner PT Moosa Genetika Farmindo, Selasa (21/7/2020).

Hal itu dikatakan Ivan Sini saat me-launching Moosa Edufarm yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH, Guru Besar Fakultas Pertanian Unand Prof Dr Ir Helmi MSc, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang ada dalam fasilitas Moosa Edufarm, anak-anak bisa belajar memerah susu sapi, melihat pengolahan produk olahan susu menjadi keju mozzarella, ice cream, gelato, dan yogurt. “Produk-produk hiliran tersebut bisa langsung didapatkan saat berada di dalam area Moosa Edufarm,” ujar Ivan Sini.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa melihat proses produksi dan pengolahan teh hijau dan teh hitam. Juga terdapat lahan buah strawberry yang bisa dipetik oleh pengunjung. “Dan yang juga menarik di Moosa Edufarm ini, pengunjung usia anak-anak bisa memberi makan kelinci dan juga burung hias,” tambah Ivan Sini.

Selama masa pandemi corona, Moosa Edufarm membatasi jam operasional hanya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Ada empat sesi jam kunjungan berdurasi 1 jam yakni; jam 09.00-10.00, 10.00-11.00, 11.00-12.00, dan 13.00-14.00. Pengunjung per sesi juga dibatasi 20 orang saja, dan wajib mengikuti protocol kesehatan. Reservasi bisa melalui WA 082171107077 atau melalui IG @MoosaEdufarm.

“Produk Moosa Farms seperti susu RTD, ice cream, gelato, dapat juga dinikmati di counter yang akan kami buka dalam waktu dekat di Sooki House di Jalan Proklamasi Padang, bertempat di Rumah Gadang RS BMC Padang,” jelas Ivan Sini.

Terakhir, kata Ivan Sini, Moosa Farm juga melakukan kolaborasi dengan produk local yang mendukung produk olahan susu seperti cokelat dan kopi untuk meningkatkan local brand di Sumbar. (*)

Admin :
Ray