klik Daerah

Wow..Riwayat Kontak Pasien Covid 19 Nakes Lima Kaum 1 Diperkirakan Lebih 100 Orang

KlIK- Tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid 19 di lingkungan Puskesmas 1 Lima Kaum bertambah satu orang, Senin (10/8).

Dengan adanya penambahan itu, maka total tenaga kesehatan yang terkonfirmasi Covid 19 sebanyak 8 orang. Satu orang lainnya merupakan anak dari salah seorang nakes.

“Pada minggu sore, warga Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 8 orang. Yang terkonfirmasi 7 nakes dan 1 anak dari nakes. Pagi ini, bertambah satu lagi yang juga tenaga kesehatan kita,” ungkap Roza Mardiah, Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar

Roza menjelaskan, jika sampai saat ini pihaknya belum mengetahui asal mula penularan Covid 19 dilingkungan tenaga kesehatan tersebut. Meski demikian, pihaknya saat ini terus melakukan
tracing terhadap masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan pasien. Data Dinkes mencatat, saat ini baru ditemukan sebanyak 82 orang dan akan dilakukan pengambilan sampel swab secara bertahap.

“Dari kemaren sore hingga malam kita melakukan tracing, ditemukan lebih kurang 82 orang,” katanyanya

“Kita belum mengetahui asal mula penularan, karena Tanah Datar sebelumnya sudah masuk zona hijau, tidak ada yang positif. Maka kemarin sore kita dikejutkan dengan penambahan kasus ini,” tambahnya.

Roza Mardiah tidak menutup kemungkinan, angka riwayat kontak pasien dengan masyarakat akan terus bertambah. Hal ini juga sehubung dengan operasional layanan kesehatan Puskesmas yang dibuka untuk masyrakat sebelum keluarnya hasil terkonfirmasi terhadap ke 8 tenaga kesehatan itu.

Jadi bagi yang riwayat kontak akan kita ambil swabnya, ada 3 layanan yang kita sediakan untuk pengambilan sampel swab,” ujar Roza.

"Dinas Kesehatan menghimbau, bagi masyarakat yang merasa pernah berobat atau memafaatkan layanan puskesmas sejak rabu 5 agustus 2020 untuk segera melapr kepihak kesehatan yang terdekat. Hal ini dilakukan guna mengetahui dengan siapa saja masyarakat kontak saat berada di puskesmas Lima Kaum 1.


Selain itu, masyrakat juga diminta untuk tetap tenang dengan adanya penambahan kasus terkonfirmasi covid 19 ini. Penerapan protocol kesehatan sangat dibutuhkan untuk memutus penyebaran Covid 19. 

Admin :
Ray